INOVASI PENDIDIKAN

PEDOMAN INOVASI PENDIDIKAN BISA DIAMBIL LEWAT MENU DOWNLOADS .SILAHKAN DOWNLOADS KEMUDIAN SIMPAN DULU MS.WORDS KEMUDIAN BISA SIMPAN DI CD/FLASH DISK ATAU PRINT OUT.
SILAHKAN MENUJU KE MENU DOWNLOADS.......!!!
  



         Di halaman ini kami sajikan hubungannya dengan tugas - tugas dari mata kuliah Inovasi Pendidikan yang diampu oleh Bpk.Drs.Sri Harmianto,MPd untuk kelas C dan D. Namun demikian tidak menutup kemungkinan dari kelas A dan B bila ada sesuatu tugas mata kuliah yang sama ,kami mohon menghubungi pengelola website ini (Ketua Kls.C) agar secepatnya untuk dimuat.
            Disamping itu juga kami muat hubungannya dengan inovasi pendidikan secara luas yang terjadi di sekolah,masyarakat, dan secara nasional . Kemajuan di bidang pendidikan adalah missi yang dibawa oleh setiap pelaku pendidikan.



TUGAS INOVASI PENDIDIKAN
Dari Bpk.Drs.Sri Harmianto,MPd 
Untuk kelas C dan D


TUGAS INDIVIDU 1

MATA KULIAH        : INOVASI PENDIDIKAN.
PENUGASAN            : 12 April 2011
PENGUMPULAN     : SAAT UJIAN AKHIR SEMESTER TAHUN 2011.

DASAR PEMIKIRAN PENUGASAN
Pendidikan di Indonesia memerlukan inovasi di segala bidang, adapun masalah utama yaitu rendahnya sumber daya manusia, karena itu inovasi dimulai dengan merubah mind frame tiap penyelenggara pendidikan agar berwawasan luas dan selalu menginovasi dirinya. Sedangkan organisasi (birokrasi) dan lembaga sekolah merupakan sarana yang handal dan tepat untuk melakukan inovasi karena sosio budaya manusia Indonesia masih taat dan patuh pada atasan.

JUDUL LAPORAN INDIVIDUAL:
UPAYA INOVASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR .........
                          KANTOR DIKNAS ....... (UPT)

KETENTUAN TEMPAT PENELITIAN
Tempat penelitian dilaksanakan bukan pada Sekolah Dasar tempat mahasiswa bertugas/ditempatkan mengajar, dalam kata lain dilarang mengadakan penelitian pada sekolah dasar tempat mahasiswa mengajar atau bekerja. Untuk keberhasilan dan memperoleh pengalaman disarankan memilih sekolah dasar yang diduga telah merintis atau berupaya melakukan inovasi pendidikan.

TATA TULIS
Laporan ditulis tangan oleh mahasiswa sendiri, menggunakan tinta warna hitam, dikertas polos ukuran kuarto 21½  x 28 cm, margin/tepi kiri dan tepi atas 3 cm serta tepi kanan dan bawah 2,5 cm. Untuk sub judul gunakan tulisan huruf balok.
Cover depan atau sampul menggunakan ketikan komputer bertuliskan UPAYA INOVASI PENDIDIKAN PADA SEKOLAH DASAR….KANTOR DIKNAS ….., cantumkan logo UMP, di bawahnya tulis LAPORAN INDIVIDU, di bawahnya tuliskan “Diajukan sebagai salah satu tugas dan syarat kelulusan pada mata kuliah Inovasi Pendidikan pada Semester Genap Tahun Akademik 2010/2011”, tuliskan identitas mahasiswa meliputi nama, NIM dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, fakultas, perguruan tinggi dan tahun. Laporan diberi sampul kertas manila berwarna putih

SISTEMATIKA LAPORAN
A.     Latar Belakang                                                       minimal     1 halaman
B.     Perumusan Masalah                                                maksimal 10 baris
C.     Hasil wawancara                                                    minimal  4 halaman
1.        Apa latar belakang dan tujuan dari visi dan misi sekolah?
2.        Untuk meningkatkan kinerja apakah ingin mengubah struktur organisasi?
3.        Untuk meningkatkan kinerja dan keprofesionalan guru, apakah guru diberi kesempatan untuk 
       meningkatkan kemampuannya dan inovasi diri?
4.       Untuk tercapai profesionalisme guru kiat-kiat apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan
       kemampuan sumber daya manusia yaitu guru?
5.       Inovasi apa saja yang dilakukan dalam penguasaan teknologi mutahir?
6.       Apa hambatan dalam pelaksanaan inovasi?
D.     Hasil Observasi (laporkan yang ada wujud inovasi)           minimal 3 halaman
1.       Wujud Skema Organisasi Sekolah
2.       Wujud Inovasi pada Media Pembelajaran
3.       Wujud Inovasi dalam Perencanaan Pembelajaran
4.       Wujud Inovasi pada Penataan Ruang    / Setting Kelas
5.       Wujud prasarana / fasilitas  dan teknologi mutahir yg dimiliki     
E.     Rangkuman / Temuan (terkait inovasi pada sekolah tsb)    minimal 1 halaman
F.     Kesimpulan (hanya menyimpulkan hasil inovasi sekolah tsb, bukan saran) maksimal 1 hal.
G      Daftar Pustaka (hanya yang Saudara miliki dan dimanfaatkan)  maksimal 1 halaman.
H.      Lampiran-lampiran
1.       Daftar nama atau identitas informan
2.       Surat Pernyataan (contoh terlampir)
3.       Foto-foto (jika ada dan hanya yang membuktikan adanya inovasi)
4.       Biodata penulis laporan (mahasiswa) yang dilengkapi nomor handphone.

SUMBER BACAAN
   a.             Buku-buku Inovasi Pendidikan
b.      Buku/Sumber lain yang terkait dengan laporan, termasuk artikel media cetak Sumber dari internet 
         harus ditulis kapan diakses dan alamat lengkap.
c.            Apabila ada sumber dokumentasi maka tuliskan sumber dan tahunnya.

PENGUMPULAN & PENILAIAN
Laporan dikumpulkan bersama-sama melalui Ketua Angkatan/Kelas dengan dilampiri Daftar Nama Mahasiswa yang mengumpulkan makalah tersebut. Ketua Kelas memeriksa jumlah laporan. Sebelum dikumpulkan, laporan wajib difotocopi sebagai arsip mahasiswa. Laporan yang disusun tidak mematuhi aturan ini, tidak berbobot, tidak rapi, dikerjakan asal-asalan dikenakan sanksi pengurangan nilai sampai batas terendah.  Laporan yang terlambat dikumpulkan, dikenakan sanksi nilai kosong (K) apabila dalam jangka waktu tertentu tidak mengumpulkan maka dinyatakan tidak lulus.

PEDOMAN  WAWANCARA/OBSERVASI
TTG INOVASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

Petunjuk:
Pedoman ini tidak mengikat harus ditanyakan semuanya atau dilengkapi data2nya, namun menyesuaikan kondisi SD.
Pelajari dahulu Buku Inovasi Pendidikan sehingga mempunyai bekal pemahaman ttg Inovasi sebelum melaksanakan wawancara.

I.  DIMENSI STRUKTUR ORGANISASI :

  1. Apa visi misi dan tujuan lembaga?
  2. Apa tujuan jangka pendek yang ingin dicapai lembaga?
  3. Bagaimana status lembaga?
  4. Bagaimana sejarah perkembangan lembaga?
  5. Bagaimana struktur organisasi / Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK)  lembaga?
  6. Apakah lembaga memiliki net working (jaringan kerja) dan kemitraan dengan lembaga lain?
  7. Apakah ada inovasi di bidang Struktur Organisasi?
  8. Jika ada upaya inovasi:  (baca Bab VII halaman 128-158)
a.       Apakah ada perubahan atau penambahan pada struktur organisasi?
b.      Apakah telah dibangun kesepemahaman dalam organisasi?
c.       Apakah telah dibuat pendelegasian kerja dan pemberian tanggungjawab?
d.      Untuk memonitor kualitas dan kinerja, apakah dalam stuktur organisasi ada 
      tim penjamin mutu pendidikan atau monitoring dan evaluasi (monev)?

II. DIMENSI TUGAS :

  1. Adakah job description tertulis?
  2. Adakah tugas pokok dan fungsi (tupoksi)?
  3. Adakah rincian tugas guru dalam persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran?
  4. Jika ada upaya inovasi:  (baca Halaman 187-189)
a.       Bagaimana pelaksanaan job description tersebut?
b.      Apakah birokrasi dan struktur organisasi bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsinya?
c.       Apakah ada tuntutan untuk melaporkan secara periodik evaluasi kinerja?
d.      Apakah evaluasi kinerja tersebut dijadikan sebagai dasar pijak pembuatan kebijakan inovasi selanjutnya?
e.       Dalam menyusun persiapan pembelajaran, apakah kurikulum dan silabus (SK-KD) di inovasi sesuai perkembangan tuntutan kebutuhan?
f.        Apakah ada inovasi dalam penyusunan persiapan pembelajaran?
g.       Apakah ada inovasi dalam pendekatan pembelajaran?
h.       Apakah ada inovasi dalam metode dan model pembelajaran?
i.         Apakah ada inovasi dalam teknik pembelajaran?
j.        Apakah ada inovasi dalam alat peraga dan media pembelajaran?
k.      Apakah ada inovasi dalam pengelolaan kelas dalam pembelajaran?
l.         Apakah ada inovasi dalam evaluasi pembelajaran?
m.     Apakah ada feedback atau follow up untuk inovasi pembelajaran?

III.  DIMENSI MANUSIA : (Baca Bab VIII halaman 160-205)

  1. Bagaimana kualitas sumberdaya manusia lembaga?
  2. Apakah dalam penyusunan tugas, wewenang dan tanggungjawab memperhatikan beban kerja dan kemampuan?
  3. Bagaimana cara penunjukkan pejabat dalam struktur organisasi?
  4. Apakah sumber daya manusia yang ada telah mencukupi?
  5. Apakah guru dan staf merasakan iklim kerja yang kondusif?
  6. Apakah guru dan staf diberi kebebasan melakukan inovasi?
  7. Jika ada upaya inovasi:
a.       apakah ada perubahan sikap guru/staf?
b.      Bagaimana rencana rekruitmen dan pengembangan SDM yang akan datang?
c.       Apakah guru dan staf diberikan wadah/saluran komunikasi untuk menyampaikan ide-ide yang inovatif dan kreativitas?
d.      Apakah guru dan staf yang melakukan inovasi diperhatikan dan dihargai? Baca halaman 168
e.       Apakah guru dan staf yang melakukan inovasi diberi penguatan dan dukungan?Baca halaman 190
f.        Bagaimana perlakuan lembaga terhadap guru / staf yang tidak mampu/sulit mengikuti inovasi perubahan? Baca halaman 33-36
g.       Adakah individu atau kelompok yang menolak inovasi? Apa alasannya?
h.       Bagaimana perlakuan lembaga terhadap guru / staf yang tidak mau / menolak inovasi /perubahan? Apa penyebabnya?  Baca halaman 168
i.         Adakah individu atau kelompok dari luar lembaga yang menolak inovasi?
j.        Bagaimana teknik/strategi pejabat/pimpinan menumbuhkan inovator dari tiap guru/staf?  Baca halaman 190-205
k.      Bagaimana meminimalisir konsekuensi inovasi yang tidak teramalkan?

IV.  DIMENSI TEKNOLOGI :

  1. Apakah sarana prasarana yang ada telah mencukupi? Baca hal 122-126
  2. Bagaimana penataaan sarana prasarana agar termanfaatkan secara maksimal?
  3. Bagaimana rencana pengembangan sarana prasarana yang akan datang? Baca halaman 201-205
  4. Jika ada upaya inovasi:    
a.      Apa ada rekayasa alat pembelajaran, media pembelajaran dan teknologi?
b.      Apakah adanya inovasi alat media teknologi di atas diikuti perubahan metode,prosedur dan teknik kerja?
c.       Bagaimana sikap dan perilaku guru dan staf terhadap inovasi teknologi?
d.      Apakah ada inovasi penggunaan e-learning teknologi?

V.  Pelaksanaan Inovasi secara umum: Baca halaman 186-195

  1. Problema apa yang dihadapi lembaga?
  2. Inovasi apa yang sedang dilaksanakan?
  3. Bagaimana cara membangun kesepemahaman di lembaga ini?
  4. Bagaimana dampak inovasi terhadap kinerja guru?
  5. Bagaimana kualitas lulusan setelah ada inovasi?

PEDOMAN  OBSERVASI

  1. Luas lahan, tata dan penggunaan lahan sekolah.
  2. Ketersediaan ruang perkantoran, ruang guru, ruang perpustakaan, ruang laboratorium,ruang komputer,ruang multi media dll
  3. Penataan Ruang Kelas yang inovatif, tidak konvensional.
  4. Ratio antara jumlah siswa dengan ketersediaan :
    1. Guru
    2. Alat peraga
    3. Luas ruang dan lahan bermain
    4. Buku / sumber belajar
  5. Dokumen Persiapan mengajar dan portofolio/evaluasi siswa
  6. Pelaksanaan pembelajaran yang inovatif dan evaluasi yang inovatif.
  7. Hasil inovasi berupa struktur organisasi, media pembelajaran, alat peraga, teknologi dll

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                          :   .................................
NIM                            :   .................................
Program Studi            :   Pendidikan Guru Sekolah Dasar / S1
Fakultas                      :   Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Judul laporan  :   ...........................................................................................
....................................................................................................................................
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan ini adalah hasil karya saya sendiri dan bukan dibuatkan orang lain atau jiplakan atau modifikasi karya orang lain serta dilaksanakan pada sekolah dasar bukan pada tempat saya mengajar.
Bila pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi.

                                                                                    .........., ..............................
                                                                                    Yang Menyatakan,
 

            ...........................................
                                                                                    NIM          ..........................
                                                                                    No. HP    : ...........................



Catatan:
SD tempat bekerja :

...................................................................................
...................................................................................
..................................................................................